Tips Membeli Komputer Bekas yang Berkualitas, Jangan Salah Pilih!
Sumber gambar : technologue.id

Tips Membeli Komputer Bekas yang Berkualitas, Jangan Salah Pilih!

Komputer bekas yang berkualitas saat ini masih menjadi alternatif pilihan. Pada era modern ini, semakin mudah untuk mencari berbagai barang kebutuhan, termasuk perangkat teknologi seperti komputer. Anda hanya perlu browsing melalui situs jual beli online. Anda akan menemukan komputer yang dibutuhkan dengan harga yang sesuai.

Untuk mendapatkan komputer berkualitas sesuai kebutuhan sebenarnya tak harus dalam kondisi baru. Bahkan agar lebih menghemat uang, Anda bisa memanfaatkan perangkat bekas berkualitas dengan harga terjangkau. Namun pastikan memiliki spesifikasi komputer yang memang Anda butuhkan.

Apabila membeli perangkat bekas bisa menghemat biaya hingga 50%. Meski dengan catatan tidak boleh sembarangan dalam membeli.

Simak Tips Membeli Komputer Bekas yang Berkualitas

Biasanya barang bekas akan memiliki umur yang semakin memendek. Untuk itu, pastikan dalam memilih perangkat bekas benar-benar memperhatikan kualitasnya yang masih bagus. Berikut ini beberapa cara memilih komputer bekas yang berkualitas.

Tanya Kerabat dengan Wawasan Lebih

Apabila wawasan Anda tentang komputer masih tergolong minim, tentu tidak ada salahnya untuk berkonsultasi pada teman atau kerabat yang ahli. Kebanyakan informasi dari kerabat bisa membantu Anda dalam menentukan pilihan komputer yang lebih baik. Namun pastinya juga sesuai dengan kebutuhan Anda.

Sesuaikan dengan Kebutuhan

Memilih komputer yang disesuaikan dengan kebutuhan menjadi hal penting. Sebab, ada yang ingin membeli komputer untuk gaming, untuk kebutuhan bekerja mengetik naskah, dan yang lainnya. Oleh karena itu, bagi yang memiliki budget minim, maka perlu membeli komputer sesuai kebutuhan saja.

Namun apabila memiliki budget lebih, Anda bisa membeli komputer gaming. Jenis perangkat tersebut bisa digunakan untuk banyak hal.

Menanyakan Garansi Komputer

Apabila Anda ingin membeli komputer bekas pada sebuah toko, maka bisa menanyakan garansi dan kemungkinan uang kembali. Biasanya toko yang baik akan memberikan sebuah garansi sekitar 2 minggu. Bahkan untuk pembelian sebuah perangkat komputer atau hardware dalam kondisi second. Tips ini sangat penting apabila Anda akan menjual kembali komputer yang sudah dibeli tersebut.

BACA JUGA :   Aplikasi Investasi Syariah Tanpa Riba, Aman dan Terpercaya

Sebab, garansi adalah salah satu jaminan yang menandakan toko tersebut bersedia bertanggung jawab. Tentunya apabila barang yang sudah terjual mengalami masalah. Sehingga Anda perlu menanyakan mengenai garansi dan kemungkinan uang kembali, apabila suatu saat komponen tersebut tidak sesuai.

Lakukan Pengecekan pada Komponen

Cara yang perlu Anda lakukan selanjutnya yakni melakukan pengecekan terhadap komponen yang berada komputer bekas tersebut. Misalnya dengan mengecek pada komponen Harddisk. Hardware menjadi salah satu komponen yang paling mudah mengalami kerusakan. Untuk mengeceknya, Anda bisa dengan melihat kondisi dari harddisk tersebut.

Apabila masih terlihat bagus, maka bisa melanjutkan untuk mengecek komponen berikutnya. Namun, apabila hardware tersebut sudah terlihat tidak bagus, bahkan ditambah bunyi yang dihasilkan saat awal booting komputer. Sebaiknya Anda perlu mempertimbangkan lagi dalam memilih komputer tersebut. Pastikan untuk selalu melakukan pengecekan secara teliti.

Tes Komputer dengan Waktu Terbatas

Sebelum melakukan transaksi, Anda biasanya mendapatkan kesempatan untuk mencoba perangkat komputer yang akan dibeli. Meski dengan waktu terbatas, Anda perlu melakukan pengetesan secepat dan seefisien mungkin. Anda bisa mencoba komputer tersebut untuk browsing.

Caranya buka salah satu browser yang ada di dalamnya dan coba jelajahi beberapa website. Selain itu, Anda juga bisa mencoba aplikasi pengedit foto secara bersamaan. Apabila dua program tersebut dijalankan secara lancar, maka performa komputer secara keseluruhan dikatakan masih mumpuni.

Untuk membeli komputer bekas memang tidak bisa dilakukan sembarangan. Pastikan untuk melakukan pengecekan dan banyak pertimbangan sebelum membeli agar tidak salah pilih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.