Membersihkan Keyboard Komputer Jangan Abai Begini Cara Mudahnya
Sumber gambar : review.bukalapak.com

Membersihkan Keyboard Komputer Jangan Abai Begini Cara Mudahnya

Membersihkan keyboard komputer merupakan hal penting yang harus diperhatikan oleh para penggunanya. Keyboard adalah bagian komputer yang sering digunakan.

Perangkat komputer yang satu ini juga rawan terpapar debu karena sering berinteraksi dengan tangan. Oleh sebab itu, kebersihan keyboard harus dilakukan secara berkala.

Kiat Mudah Membersihkan Keyboard Komputer

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh University of Arizona, menyatakan bahwa jika dibandingkan dengan closet, maka peralatan komputer mengandung bakteri 400 kali lebih banyak.

Walau bakteri tersebut tidak menimbulkan risiko penyakit berbahaya bagi tubuh, namun keberadaannya mudah menginfeksi tubuh apabila imun seseorang dalam keadaan lemah. Berikut adalah cara membersihkan keyboard yang simpel dan aman. Namun, Anda harus memastikan terlebih dahulu tangan benar-benar dalam keadaan yang bersih sebelum membersihkan keyboard.

Gunakan Kain Microfiber              

Saat menggunakan kain microfiber untuk membersihkan keyboard, pastikan kain tidak terlalu basah. Hal ini bertujuan untuk menghindari keyboard rusak dan tidak berfungsi akibat tetesan air yang jatuh.

Pakai Desinfektan

Cairan desinfektan bisa Anda andalkan untuk membersihkan keyboard komputer. Hanya saja, saat menggunakannya hindari menyemprotkan langsung ke keyboard.

Langkah terbaiknya adalah semprotkan cairan desinfektan ke kain microfiber, baru gunakan kain untuk mengusap keyboard. Usaplah keyboard dengan lembut dan hati-hati. Selain desinfektan, Anda juga bisa menggunakan tisu basah beralkohol untuk membunuh kuman dan bakteri yang menempel di keyboard.

Bersihkan Kotoran yang Tidak Menempel

Beberapa orang sering makan saat memakai komputer, sehingga ada beberapa remah makanan jatuh di area keyboard.

Saat membersihkan keyboard komputer dari kotoran yang tidak menempel, hal yang harus Anda lakukan adalah mematikan komputer terlebih dahulu. Pastikan Anda telah mencabut kabel keyboard yang berhubungan dengan PC. Agar kotoran terjatuh dari bodi keyboard, angkat dan miringkan bodi keyboard kemudian goyangkan.

BACA JUGA :   Tips Membeli Komputer Bekas yang Berkualitas, Jangan Salah Pilih!

Bersihkan Bagian Tombol

Setelah membersihkan permukaan tombol keyboard, bersihkan juga bagian sisi dan permukaan tombol keyboard menggunakan cotton bud dan alkohol. Celah-celah antar tombol juga tidak boleh luput dari perhatian. Apabila memungkinkan, bongkar keyboard untuk membersihkan bagian yang sulit dijangkau.

Gunakan Sedot Debu Khusus

Mini vacuum cleaner juga dapat diandalkan untuk membersihkan keyboard komputer. Fitur desainnya dibuat mini USB sehingga cocok dan mudah digunakan untuk membersihkan keyboard.

Membongkar Keyboard

Dalam hal membongkar keyboard juga jangan asal-asalan. Sebelumnya, lakukan pengecekan apakah tombol-tombol pada keyboard memang bisa dilepas. Umumnya, tombol yang ada pada keyboard mekanis atau modern memang didesain bongkar pasang sehingga memudahkan proses membersihkannya.

Bagaimana dengan tombol paten? Anda tetap harus membongkarnya. Hanya saja lakukan dengan hati-hati saat membongkarnya. Namun, jika Anda ragu bawalah kepada ahlinya melalui service center resmi.

Bagian dalam Keyboard Juga Dibersihkan

Bagian dalam keyboard bisa Anda bersihkan setelah melepaskan semua tombolnya. Gunakan kain lembut dan alkohol untuk membersihkan bagian tersebut. Sedangkan untuk membersihkan celah kecil yang ada pada bagian dalam gunakan air blower atau vacuum cleaner.

Pasang Kembali

Setelah tahap perawatan keyboard komputer selesai, pasang kembali tombol sesuai urutan dan posisinya seperti semula. Jika Anda merasa kesulitan memasangnya kembali, kunjungi situs resmi produsen keyboard yang Anda pakai untuk mencari tahu bagaimana posisi tombol yang benar.

Selain cara membersihkan, Anda juga perlu mengetahui cara membersihkan keyboard komputer agar panjang umur. Cara termudah yang dapat dilakukan adalah hindari menekan tombol keyboard terlalu kencang karena dapat merusak sensitifitas saat digunakan untuk mengetik nantinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.